Jumat, 19 Mei 2017

busana muslim

TUGAS KELOMPOK PRAKARYA
“BUSANA MUSLIM”


DISUSUN OLEH:
 1. Ata Rofita Wasiati
2. Dwi Agustina S
4. Hafni Hidayah
5. Nadia Hasna I
6. Shofia Dewi F

KELAS : XI IPA 2
MAN YOGYAKARTA III
JL. MAGELANG KM.4 SINDUADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA (0274) 55284


A.    PENGERTIAN BUSANA MUSLIM
Baju koko adalah baju muslim bagi pria. Ciri dari baju koko adalah baju tanpa kerah yang biasanya dihiasi dengan border dibagian depan, tidak membentuk tubuh, tidak memakai manset/belahan lengan.

Busana muslimah/gamis adalah busana yang dikenakan oleh wanita muslim yang memenuhi syari’at agama islam yaitu menutup seluruh aurat wanita muslimah dalam hal ini menutup tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki kecuali telapak tangan dan muka serta tidak membentuk lekuk tubuh.

B.     MACAM MACAM BUSANA MUSLIM
1.      Gamis
Salah satu bentuk busana muslimah yang terhitung“ klasik“. Terdiri atas satu potong(one piece), bersiluet panjang semata kaki, longgar (H line), dan berlengan panjang.




2.      Abaya
Dikenakan sebagai overgarment yaitu busana luar yang berfungsi untuk menutup busana dalam(seperti gamis atau busana lainnya).Ketikapemakainyasedangberadaditempatumum.

3.      Gamis ala Kaftan India
Gamis
ini dengan lubang leher yang bundar bukan dengan placket sampai dada. Trimmings (hiasan penyelesaian) dengan bisbanagak lebar sekeliling pinggiran garis leher, pundak lubang lengan  serta mansetnya. Bahan :sutera, llinen, katun.


4.      Thobe
      Thobe adalah pakaian berbentuk tunik panjang bisa dikenakan dalam panjang yang berbeda – yang pendek mewakili kesopanan sedangkan thobe panjang simbol royalti status sosial yang tinggi dan kemakmuran. Kain favorit yang digunakan untuk thobe adalah kapas namun bahan wol juga digunakan dalam cuaca dingin. Thobe dibuat dalam poliester georgette atau kain ringan. Thobe terbuat dari kain ringan dianggap kasual dan biasanya dipakai sebagai gaun untuk penggunaan sehari-hari di lingkungan rumah yang nyaman.
5.      Ponco
      Ponco adalah pakaian unik dengan beragam gaya dari biasa, fungsional hingga chic dan stylish. Karena mereka bisa dipotong dari satu lembar kain saja, ponco biasanya mudah dibuat, cocok menjadi proyek prakarya keluarga dengan anak-anak atau sebagai pilihan lain penutup pakaian. Ponco bisa dipotong dari selembar kain apa saja
6.      Tunik
      Tunik adalah pakaian
longgar yang menutupi dada, bahu, dan punggung. Baju ini bisa berlengan atau tanpa lengan, dan panjangnya sampai di pinggul atau hingga di atas lutut.
7.       Kaftan adalah model pakaian yang berasal dari Timur Tengah dengan design lengan yang panjang dan ukuran yang longgar. Dalam beberapa tahun terakhir, jenis pakaian ini telah mencuri perhatian dalam dunia fashion khususnya untuk wanita.
8.      Khimar
      Khimar merupakan pakaian atas atau penutup kepala. Desain pakaian ini yaitu menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka).
9.       Ghutra dan Egal
Sebuah jilbab persegi atau persegi panjang yang dikenakan oleh laki-laki, bersama dengan sebuah band tali (biasanya hitam) untuk mempercepat itu di tempat. Para ghutra (jilbab) biasanya berwarna putih, atau kotak-kotak merah / putih atau hitam / putih. Di beberapa negara, ini disebut shemagh atau kuffiyeh.
10.   Chador
Sebuah jubah membungkus dikenakan oleh wanita, dari puncak kepala ke tanah. Biasanya dipakai di Iran tanpa penutup wajah. Berbeda dengan di atas abaya, cadar kadang-kadang tidak diikat di depan.
11.   Bisht
Sebuah jubah pria dressier itu yang kadang-kadang dikenakan di atas thobe, sering digunakan oleh pejabat tingkat tinggi pemerintah atau pemimpin agama.
12.   Shalwar kameez
Dipakai oleh pria dan wanita terutama di benua India, celana panjang longgar yang dikenakan dengan tunik panjang.
13.  Burga
Adalah sebuah pakaian yang menutupi seluruh tubuh yang dikenakan oleh sebagian perempuan Muslim di Afganistan, Pakistan, dan India utara. Kini pakaian ini jarang terlihat dikenakan di luar Afganistan. Burqa dikenakan menutupi pakaian sehari-hari (seringkali pakaian panjang atau salwar kameez) dan dilepaskan ketika si perempuan kembali ke rumahnya ke tengah keluarganya.

C.    SYARAT BUSANA MUSLIM
a.      Desain
a.       Harus mampu menutupi seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki kecuali wajah dan telapak tangan bagi wanita.
b.      Desain baju busana muslim wanita tidak boleh menyerupai pakaian pria.
c.       Hindari model yang ketat membalut tubuh.
d.      Longgar dan nyaman di pakai
e.       Tidak berlebihan

b.      Bahan
a.       Tidak terbuat dari bahan yang tipis dan tembus pandang, seperti: sifon, orrganza, organdi.
b.      Bahan tidak boleh aneh atau menyolok hingga menarik perhatian orang apalagi jika menimbulkan rasa angkuh dan sombong bagi pemakainya.
c.       Bahan sutra diperbolehkan untuk busana muslim laki-laki.
d.      Tidak menggunakan parfum dengan bakhoor atau harum-haruman
e.       Tidak menyerupai pakaian laki-laki dan sebaliknya
f.       Harus longgar, tidak ketat sehingga membentuk bagian tubuh 

c.       Tekstur
Berbahan lembut, tidak mudah brudul, dapat menyerap keringat,
d.      Warna
a.       Memilih warna pastel untuk terlihat faminimdan muda.
b.      Warna busana muslim tidak boleh menyolok atau aneh hingga menarik perhatian orang.

e.       Motif
a. Tidak boleh memakai motif makhluk hidup

b. Tidak boleh memakai motif yang berlebihan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar